Audax is a cycling sport in which participants attempt to cycle long distances within a pre-defined time limit. Audax is a non-competitive sport: success in an event is measured by its completion. Audax has its origins in Italian endurance sports of the late nineteenth century, and the rules were formalise in France in the early twentieth century.

SEJARAH AUDAX :


Pada tanggal 12 Juni 1897, sekelompok pesepeda Italia menjalani rute antara kota Roma dan Napoli yang berjarak 230 kilometer, dalam waktu satu hari. Mengingat sulitnya kondisi untuk bersepeda pada waktu itu, upaya ini dianggap “audacious” (sangat berani).

Di Perancis, pada akhir abad ke sembilan belas, untuk pertama kalinya beberapa turis bersepeda bergabung dengan para “hiker”. Terciptanya “Touring Club de France” (Klub Wisata Perancis) pada tanggal 31 Maret 1890 adalah hasil dari penggabungan tersebut. Dalam tahun 1904, Henri Desgrange, pendiri Tour De France setahun sebelumnya, mendirikan Audax France berdasarkan model Audax Italiano. Desgrange kemudian memberi wewenang kepada Audax Club Parisien (ACP) yang baru berdiri pada tanggal 30 November 1904, untuk memberi persetujuan kepada brevet-brevet yang diselenggarakan berdasarkan aturan-aturan Audax di Perancis. Sejak awal, klub ini sangat sukses. Semua anggota ACP adalah turis-turis bersepeda yang berpengalaman dan menguasai olah raga bersepeda jarak jauh. Mereka sangat mahir sebagai “kapten perjalanan” dan memandu kelompok-kelompok bersepeda dengan kecepatan 18 kilometer per jam yang, sampai tahun 1945, dianggap merupakan kecepatan yang paling tepat untuk bersepeda. Pada waktu itu, hanya jarak 200 kilometer yang dianggap sebagai brevet, bila berhasil menyelesaikannya seorang pesepeda berhak untuk diberi gelar “Audax”. Selain brevet yang diakui, perjalanan bersepeda yang berjarak 300 dan 400 kilometer juga diselenggarakan oleh ACP. Rute 600 kilometer baru muncul beberapa tahun kemudian. Sampai tahun 1921, sebutan “Audax” sudah diberikan kepada kurang lebih 4.500 pesepeda Perancis.

Le Velo Dalam tahun tersebut, Victor Breyer (Catatan: seorang mantan wartawan Paris-Velo dan pernah menjadi kolega Henri Desgrange; Breyer adalah wartawan yang melakukan riset dan menelusuri rute asli Paris – Roubaix), yang pada saat itu adalah editor surat kabar L’Echo des Sports, mengadakan suatu event hiking yang sudah beberapa lama ditangguhkan, yaitu Polymultipliee. Breyer meminta bantuan dari ACP yang pernah membantu dalam penyelenggaraan event ini dua kali sebelumnya, pada tahun 1913 and 1914. Bantuan yang diberikan oleh klub kepada L’Echo des Sports, yang merupakan pesaing surat kabar L’Auto, membuat Henri Desgrange menulis tajuk rencana dalam surat kabar tersebut yang mencabut hak ACP untuk menyetujui brevet-brevet Audax. Hal ini menyebabkan perpecahan dalam organisasi. Beberapa kapten perjalanan dan hiker meninggalkan ACP dan melanjutkan menyelenggarakan event-event mereka dengan pengarahan dari L’Auto. Mereka mendirikan L’Union des Audax Cyclistes Parisiens (UACP) yang kemudian menjadi L’Union des Audax Francaises (UAF). Kini, UAF menyetujui brevet-brevet yang dijalankan dengan kecepatan tetap 22,5 kilometer per jam dengan panduan kapten perjalanan, yang tidak boleh disusul oleh para peserta. Perjalanan bersepeda ini dikenal sebagai Brevets Audax. Sementara itu anggota-anggota yang masih loyal terhadap ACP segera mengadakan event-event Brevets des Randonneurs Francaises dengan jarak antara 200 dan 600 kilometer, dimana tiap peserta dapat memilih sendiri kecepatan bersepeda. Event pertama berjarak 300 kilometer diadakan pada tanggal 11 Juni 1922; event pertama 400 kilometer diadakan tanggal 22 Juli 1923; dan event pertama yang berjarak 600 kilometer telah diadakan pada tanggal 30 Juni dan 1 Juli tahun 1928.

Abernat 1920 Event pertama yang berjarak 1000 kilometer diselenggarakan beberapa tahun kemudian, yaitu pada 15 Agustus 1934, tiga tahun setelah event Paris – Brest – Paris yang pertama dimana pesepeda non-profesional diizinkan berpartisipasi. Pada tahun 1991, klub merayakan seratus tahun Paris – Brest – Paris, event ini pertama kali diadakan oleh Le Petit Journal pada tahun 1891. Kejadian lain yang patut diperhatikan adalah didirikannya Federation Francaise des Societes de Cyclotourisme (FFSC) pada tahun 1923 yang mengelompokkan klub-klub di Perancis yang bidangnya adalah turisme bersepeda. Gaston Clement, salah satu anggota dan pendiri ACP adalah ketua pertama organisasi ini. Federasi ini dalam tahun 1942 kemudian menjadi Federation Francais de Cyclotourisme (FFCT) yang masih tetap menjadi asosiasi utama turisme bersepeda di Perancis sampai sekarang.

Dewasa ini, Audax Club Parisien adalah salah satu klub bersepeda yang terbesar di Paris dan Perancis. Sejak tahun 1976, brevet-brevet yang disetujui oleh ACP sudah diselenggarakan di banyak negara di luar Perancis. Brevet-brevet ini dikenal sebagai “Brevets des Randonneurs Mondiaux”

About Us

 

Audax is a cycling sport in which participants attempt to cycle long distances within a pre-defined time limit. Audax is a non-competitive sport: success in an event is measured by its completion.

Audax has its origins in Italian endurance sports of the late nineteenth century, and the rules were formalise in France in the early twentieth century.

Contact Info

 

RANDONESIA

WA / SMS Only: (+62) 813 1454 2623
Email: ari.randonesia@gmail.com
Address: Jakarta